Scoopy dan Fino/Vino, Siapa Niru Siapa???

Ibarat membicarakan sejarah ayam dan telur yang tiada habisnya… Mana yang duluan, ayam atau telur??? Telur di keluarkan dari ayam, dan ayam berasal dari telur itu sendiri…

Seperti itulah kira-kira perdebatan Fansboy dalam membicarakan Scoopy dan Fino/Vino… Scoopy duluan, bla bla bla blahhhh… Vino duluan, bla bla bla bla blaghhh….

Ujung-ujungnya terjadi debat kusir yang nggak ada kudanya… Omong-omong masalah kusir, jadi teringat pak bambang nunggang jaran… Tapi karena sekarang nunggang byson, bukan kusir lagi tapi kusen… πŸ™‚

Kembali ke taufiq, eh, topik, Scoopy dan Vino yang dimaksud di sini ialah skutik retro yang bulet-bulet, jadul, imut, lucu, dan menggemaskan… Jadi??? Mana yang duluan muntjul di dunia ini???

Dengan segala keterbatasan pengetahuan saya, saya coba tulis yang saya tahu, yang saya tidak tahu juga saya tulis, barangkali ada yang lebih tahu, dan bersedia memberi tahu Β apa yang tidak saya ketahui, agar saya dan rekan-rekan yang lain yang tadinya tidak tahu menjadi tahu… Ada yang mau jadi tahu??? Kalau mau, berarti anda kedelai…

Mari kita bahas, yang pertama Scoopy… Brand Scoopy sangat lama digunakan oleh Honda, bahkan saya menemukan pic Honda Scoopy lansiran 1980 dengan kubikasi 50 cc… Akan tetapi yang saya temukan bukanlah Scooter retro, tapi motor garuk tanah dengan kode SH50…

Bergerak ke tahun 1990 an, Scoopy ternyata sudah populer di Eropa, dan yang ini scooter 50cc… Taaapiiii, bentuknya tidak bulet, mirip dengan cub C series…

scoopy, scoopy, scoopy

Karena bentuknya tidak bulet seperti scoopy yang dimaksud, saya juluki ini Scootak… Selanjutnya saya temukan Scoopy di Jepang, bertahun 2001, ini yang saya cari-cari… Motor ini pada tahun 2002 go international dengan berbagai nama, Crea Scoopy di jepang, Scoopy di Australia, dsb…

Kupi, kupi kupi

khan yamaha...

Beralih ke Yamaha Vino/Fino… Motor ini di luncurkan di Thailand sekitar tahun 2004 an… Tapiii… sebelum itu sudah ada yang lebih tua lagi lho… Vino Classic tahun 2001….

Waahh, ternyata dari tahun 2001 satu pun sudah ada Vino, Scoopy, dan dalam wujud skuter retro….

Kesimpulan sementara:

1. Model skuter retro seperti ini ternyata sudah muncul lama di Jepang sebelum muncul di Thailand dan Indonesia…

2. Fino First mover skutik retro plastik di Thailand… Kalo di thailand, menang FBY…

3. Scoopy First mover skutik retro plastik di Indonesia… Indonesia menang FBH…

4. Kedua merek tersebut merupakan Vespa wannabe… Jadi nggak usah mengklaim Scoopy atau Fino duluan… Rasanya seperti membicarakan: siapa yang duluan bikin klonengan CBR? Kaisar, Viar, apa Minerva?

5. Skuter retro sejati: vespa!!! Β  cmiiw…. Lain kali kita bahas sejarah skuter…

Untuk lebih jelasnya, silakan tanya yang lebih tahu…

*Mohon maaf kalo kemarin tidak bisa ngisi komen…

Penulis ternyata nggak tau kalo komen bisa dimatikan :mrgreen:

ramudeng.com

Iklan

Tentang fandiartz

apa ya....
Pos ini dipublikasikan di Auto, Info dan tag , , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Scoopy dan Fino/Vino, Siapa Niru Siapa???

  1. ash berkata:

    garuk2 kepala…..

  2. PakBambangNunggangJaran berkata:

    apakah pino dan skupi nasibnya akan seperti pespa? dipakein sespan dll

  3. Yunus berkata:

    Lagian ga ada untungnya Om, emang napa kalo duluan or belakangan?
    Cuma alay & fansboy yg masalahin sapa duluan dgn alasan yg ga jelas hihihi
    Pokoke yg penting pas dipake enak merk apa aja ga masalah….

  4. uDien d'kab berkata:

    mungkin yang paling duluan adalah Scooby do be doooo :mrgreen:

  5. endro.id berkata:

    “Scoopy dan Fino/Vino, Siapa Niru Siapa???”
    Yang jelas mereka berdua sama-sama tiruan. Entah meniru Vespa & Lambretta dari italy, Powell dari US, maupun skuter Jepang jaman perang Fuji Rabbit.

  6. warung DOHC berkata:

    podo2 ompong tanpa gigi πŸ˜†

  7. xenia va avanza, terrios vs rush. siapa niru siapa?

  8. shogun110tromol berkata:

    hidup Vespa! :mrgreen:

    the real retro scooter πŸ˜†

    yg didatengin ATPM boljug tuh

  9. Great post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Very helpful info particularly the final section πŸ™‚ I care for such info a lot. I was seeking this particular info for a very lengthy time. Thanks and best of luck.

Giliranmu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s