Indianapolis 2015 VR VS DP, Rossi Secepat Lorenzo?

MotoGP Indianapolis 2015 minggu yang lalu telah dimenangkan oleh Marc Marquez setelah bertempur melawan Lorenzo, kemenangan ini sekaligus mewakili Honda dalam merayakan kemenangan ke 700 dalam GrandPrix.
Pertempuran tak kalah serunya terjadi untuk perebutan posisi ke tiga antara Rossi dengan Pedrosa, tercatat beberapa kali terjadi pertukaran posisi.

Pada awal lomba terlihat bahwa posisi (start) menentukan prestasi, Rossi yang start di tengah terhambat oleh pembalap pembalap di depannya. Hal ini ditunjukkan di 10 lap awal catatan waktunya berada di kisaran mid to low ’33 dan hanya sekali di ’32 high.

Rossi Panas, Pedrosa Kepanasan

Rossi Panas, Pedrosa Kepanasan

Berbeda dengan Pedrosa yang start dari baris depan, yang dengan mudah mempertahankan posisinya sejak start dan bisa segera mencetak lap ’32 high, namun makin lama makin pelan -kayak mesin 2 tak yang kepanasan- ke low 33.

Rossi yang menjaga ritme nya di ’32 high pada pertengahan balapan, berhasil memangkas jarak dengan pedrosa, dengan jarak hampir 1,9 detik di lap 4, menjadi kurang dari 0,2 detik di lap 16. Baru kemudian melakukan overtake di lap 17. Sebaliknya Pedrosa yang di awal “panas” malah menurun laptimenya di mid ’33 pada pertengahan lomba dan harus merelakan posisi 3 berpindah tangan.

Lari kemana lu, ped

Gap antara Pedrosa – Rossi (garis biru Pedrosa memimpin, garis merah Rossi Memimpin)

Di akhir2 lomba, terlihat kedua pembalap makin tidak konsisten laptimenya, yang parah adalah Pedrosa yang meloncat2 dari mid ’33 ke ’32 high dan sebaliknya. Hal yang sama juga terjadi di Rossi, dengan simpangan yang lebih sedikit.

Pada putaran ke 24 dan 25, Rossi mencoba mengenyahkan Pedrosa yang membuntutinya dengan mencetak ’32 high, dan langsung direspon Pedrosa dengan laptime tercepatnya sepanjang balapan di 1:32,8. Kedua pembalap ini setelah mencetak waktu yang cepat langsung drop lagi ke kisaran mid ’33, kemungkinan karena mereka baru saja menggunakan “cadangan” tapak ban mereka yang terakhir untuk mencetak waktu cepat.

Di awali oleh Rossi yang drop ke 1:33,4 di putaran ke 26, dan Pedrosa ke 1:33,2, Pedrosa berhasil overtake Rossi di awal lap 27 di trek lurus, sebelum langsung di balas Rossi di tikungan berikutnya. Pada lap terakhir ini, Rossi benar-benar menggunakan tapak ban nya yang terakhir untuk tetap menjaga posisinya, dan bisa lebih cepat dari lap sebelumnya. Sementara Pedrosa tidak mampu memperbaiki laptimenya di putaran terakhir dan harus puas terlempar dari podium.

Overall dari 27 lap, membandingkan Laptime Rossi dan Pedrosa, Rossi lebih cepat selama 16 lap sedangkan Pedrosa hanya 11 lap. So, VR46 emang layak dapat Podium. Namun Laptime Rossi belum bisa dibilang menyamai Lorenzo dan MM, bisa jadi ini disebabkan posisi start yang kurang baik hingga kehilangan banyak waktu dan ban untuk menyalip pembalap di depannya.

Selamat menikmati…

NB: ’32 high =  1:32 koma besar( 7,8,9 )

mid ’32 = 1:32 koma menengah ( 4,5,6 )

low ’32 = 1:32 koma kecil (0,1,2,3 )

Iklan

Tentang fandiartz

apa ya....
Pos ini dipublikasikan di Auto, Sport dan tag , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Indianapolis 2015 VR VS DP, Rossi Secepat Lorenzo?

  1. brigade jalan raya berkata:

    kata para pembalap motogp, berada di depan lawan adalah hal sulit. hal paling wajar adalah lap time agak lambat dari sang lawan. faktor slip streaming juga salah satunya ya kan 🙂

  2. Rudi berkata:

    Memang rosa hebat tapi kalo startnya terlalu di belakang pastinya akan lebih sulit untuk menjadi yang pertama.

  3. Ping balik: Analisis lap by lap Indianapolis 2015, MM VS JL | beratsebelah

  4. otoplanet berkata:

    melayani pedrosa = menguras tenaga dan wktu… kalah isin menang ora kondang

  5. Ping balik: Catatan FP 1 Brno 2015, Pedrosa Berbahaya | beratsebelah

Giliranmu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s