Analisis lap by lap Indianapolis 2015, MM VS JL

Setelah kita bahas kemarin perebutan tempat podium terakhir di GP Indianapolis 2015 antara VR dan DP, sekarang kita bahas yang tak kalah menarik – tentu saja perebutan tempat pertama. Yakni antara MM (Marc Marquez) dan JL (Jorge Lorenzo).

Marquez bukan Markes (makelar orkes)

Marquez bukan Markes (makelar orkes)

Sebelum race, JL sempat mengatakan bahwa untuk 1 putaran pembalap Honda memang mempunyai daya yang lebih eksplosif dan lebih mudah untuk mencetak putaran tercepat. Tapi untuk stabilitas, kecepatan dan daya tahan ban selama race, JL menganggap Yamaha lebih baik. Sepertinya pernyataan ini ada benarnya, meski tidak berlaku untuk race ini.

Bendera merah di turunkan, lampu merah dipadamkan, semua pembalap langsung tancap gas di Indianapolis. JL yang start di posisi ketiga langsung menyodok ke posisi pertama. Seperti biasa, JL selalu memiliki start yang sangat bagus. MM yang start dari pole gagal memaksimalkan posisi startnya, karena sejak dari tikungan pertama harus terus cium asap M1 sampai lap ke 24.

MM VS JL, Ngevoor???

MM VS JL, Ngevoor???

Pada putaran pertama jarak kedua pebalap hanya 0,091, menunjukkan MM mampu menempel ketat JL meski JL telah menunjukkan kemampuan startnya yang sangat baik. Masuk putaran kedua JL langsung mendorong sekuat tenaga dan menghasilkan personal best lap bagi JL di 1:32,733. Tapi di saat yang sama MM semakin dekat laptime yang lebih cepat di 1:32,707, sehingga jarak terpangkas jadi 0,61.

Sepertinya JL menyadari percuma mendorong kuat2 di lap awal, karena raungan RCV MM tetap saja terdengar jelas di belakang, pertanda MM memang masih sangat dekat. Mulai lap ke 3 JL hanya menjaga ritme laptime nya saja di ‘32 high dan low ’33. Sementara MM yang ada di belakangnya terlihat sangat naik turun laptimenya, seolah sedang bermain tarik ulur, kendor kenceng, hanya menjaga jarak dengan JL semata. Yang penting tidak ketinggalan terlalu jauh. Ngevoor….

Bisa dilihat di grafik, jarak antara marquez dan JL memang tidak pernah lebih dari setengah sendok detik.

JL MM GAP ID 15

Garis biru JL memimpin, garis merah MM memimpin

Masuk putaran ke 23 JL menganggap waktunya say goodbye to MM, tancap gass dan masuk keluar tikungan dengan rapi, untuk mencetak personal best lap sepanjang balapan 1:32,652, di ikuti dengan 1:32,864 di lap berikutnya. Akan tetapi sepertinya MM bisa membaca pikiran JL, karena di saat yang bersamaan MM mencetak fastest lap 1:32,625 dan diikuti dengan 1:32,648 di lap berikutnya.

Dengan jarak hanya 0,017 di awal putaran 25, MM ambil slipstream JL dan langsung salip di tikungan pertama. Manuver MM tersebut sepertinya menyebabkan Laptime mereka drop dan menyentuh mid ’33.

Di penultimate lap MM improve ke low ’33 dan mencoba lepas dari JL, atau bahasa komentatornya kalo gak salah “put the hammer down.” Tapi JL yang tidak mau kalah improve juga ke low ’33. Dengan jarak hanya 0,173 detik, sepertinya akan terjadi pertempuran seru di putaran terakhir.

Tapi ternyata tidak, di putaran terakhir MM kembali ke ritme di 1:32,902 sementara JL hanya di 1:33,420, dan mereka melewati garis akhir dengan jarak lebih dari setengah detik.

Overall dari 27 putaran ternyata JL lebih cepat 14 putaran dibanding MM yang hanya 13 putaran. So, menurut BS ini kecerdasan MM dalam mengatur ritme, jarak dan daya tahan ban di awal lap, dan melakukan serangan di akhir lap. Dan dengan kemenangan ini sepertinya mengokohkan MM sebagai pembalap yang di cintai dan mencintai amerika.

Next time di Brno pastinya lebih seru, karena biasanya tim biru yang menguasai. Bisa apa MM race di Ceko besok? Kita tunggu bareng2.

Selamat menikmati…

NB: BS = BeratSebelah bukan  BullS**t…

Iklan

Tentang fandiartz

apa ya....
Pos ini dipublikasikan di Auto, Sport dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Analisis lap by lap Indianapolis 2015, MM VS JL

  1. Ping balik: Analisis lap by lap Brno 2015, Walo Sudah Tua, Punya Rossi Sekeras Marquez!!! | beratsebelah

Giliranmu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s