Analisis lap by lap Brno 2015, Walo Sudah Tua, Punya Rossi Sekeras Marquez!!!

Assek balik MotoGp lagi… By the way dah di bahas tuh ama wak haji… Ya gak papa lah di bahas lagi dah ditulis juga, di buang sayang… 😀

Duel lagi tapi nggak senggol2 an.

Duel lagi tapi nggak senggol2 an.

Balap kemaren memang sudah bisa di duga pemenangnya, seperti beberapa tahun terakhir ini MotoGP pemenangnya selalu itu-itu saja. Kalo gak Markes, Rossi ya Lorenzo, dan kadang the wind rider (pedrosa). Bosen gak bosen, ya itulah yang menang, yang lain bisa juga kog menang asal mereka berempat (para alien) kompak ndlosor, salah pilih ban, shock bocor :D, masuk angin. Ngimpi!!!

Langsung deh masuk ke balapannya. Start akan dimulai dengan posisi JL MM VR sama-sama di front row, yang membedakan adalah usia, MM masih muda, JL sedengan, sedang VR Bangkotan. wkwkwkwk. dan juga ban, JL menggunakan ban medium, sementara MM dan VR menggunakan Hard! Alias ban keras. sesusai dengan judul di atas, punya Rossi sekeras Marquez!!! ban nya…
jl mm vr cz 15
Lampu merah padam JL langsung ngacir, di ikuti MM, sementara Rossi yang berhasil Start dari front row, justru melakukan start yang buruk. 😈

5 lap awal Lorenzo dengan ban medium sangat memanfaatkan karetnya dengan baik, dan mencetak 4 lap berturut di low 56, MM yang tepat berada di belakangnya sempat keteteran di lap 1 dan 2, namun MM berhasil mengejar dan mencetak Fastest lap of the race pada lap ke empat dengan catatan 1:56,04.

Putaran ke lima terlihat MM sudah menempel ketat Lorenzo, bisa di lihat dari grafik lap time yang simetris antara kedua pebalap, seolah ada bottleneck, dimana kecepatan MM tertahan oleh JL sampai putaran ke 7. Masuk putaran ke 8, berakhirlah pertempuran antara JL dan MM Karena MM drop ke mid 56, sementara Jl masih di Low ’56 sampai lap 9.

Jarak MM terhadap JL dan Jarak Rossi terhadap JL

Jarak MM terhadap JL dan Jarak Rossi terhadap JL

Mulai putaran ke 8 MM tidak lagi bisa mempertahankan jaraknya dengan lorenzo di bawah 1 detik. Entah kenapa ban keras yang digunakan oleh MM dan VR mengalami drop yang signifikan mulai putaran 8. Mereka tidak bisa lagi menaikkan laptime yang lebih cepat di akhir lomba seperti saat di Indianapolis kemarin.
Dengan ban medium JL bisa mempertahankan laptime lebih konsisten dibanding VR dan MM, sehingga di garis finish MM tertinggal hampir 5 detik dan VR hampir 11 detik. Dari data diperoleh rata-rata laptime Lorenzo adalah 1:56,772, Marquez 1:56,974 (atau 0,202 detik lebih lambat dari JL per lap) dan Rossi 1:57,196 (0,222 lebih lambat dari MM dan 0,424 detik lebih lambat dari JL Per lap).
Ternyata perbedaan pemilihan ban sangat berpengaruh dengan hasil race kali ini.
Lalu seandainya MM dan VR memilih menggunakan ban medium, mereka bisa lebih cepat? mungkin bisa! Tapi perlu di ingat, ada perbedaan gaya balap antara mereka bertiga. Kalo MM dan VR pake medium bisa saja mencetak lap yang cepat, tapi belum tentu mereka bisa mempertahankan ban sampai akhir balapan.
Kesimpulannya: balapan di Brno ini bukan sekedar posisi start, tapi juga pemilihan ban, setup, dan skill yang cocok membuat JL jauh di atas angin. Baik VR maupun MM belum menemukan setup yang setanding dengan JL kali ini.

Dengan hasil ini, persaingan jurdun makin seru dan mungkin “Deja Vu, Rossi Juara Dunia MotoGP 2015” tidak berlaku lagi. Karena lawan sudah menaikkan level permainan mereka!!!
Race kedepan pastinya lebih seru, kita simak bareng2!

Selamat menikmati

NB: low ’56 = 1:56 koma kecil (0,1,2,3)
mid ’56 = 1:56 koma tengah (4,5,6)
’56 high = 1:56 koma besar (7,8,9)

Iklan

Tentang fandiartz

apa ya....
Pos ini dipublikasikan di Auto. Tandai permalink.

2 Balasan ke Analisis lap by lap Brno 2015, Walo Sudah Tua, Punya Rossi Sekeras Marquez!!!

  1. yusuf berkata:

    Klo ngga ada rossi ngga seru, marq sm lorenzo cm maen sabun aja :3

Giliranmu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s