Analisa QP Frontrow Silverstone 2015, MM Hampir Tembus Waktu 1 Menitan

Marc Marquez, nama yang sangat fenomenal dengan sederet record -terutama record2 the youngest- kembali membuktikan tajinya sebagai juara bertahan.
MM QP SV 15
MM Melakukan kualifikasi dengan sangat baik, akan tetapi melakukan kesalahan di lap kedua di sektor ke empat, sehingga ia lebih lambat 0,150 detik di sektor ini – Tapi berhasil meraih pole!!! Loh kog? katanya lebih lambat di sektor 4 kog bisa pole?


Yup, gini bro, saat MM meraih pole, catatan waktu di sektor 4 MM bukanlah waktu terbaiknya di sektor tersebut, karena dia melakukan kesalahan. Bukan tidak mungkin jika dia tidak melakukan kesalahan, MM bisa menjadi pebalap pertama yang menembus waktu 1 menitan di Silverstone ini. Bisa dilihat di tabel di atas, kalo waktu tercepat MM di sektor 4 justru di cetak di lap 1 run 1.
OH iya, dari ketiga pebalap yang start dari front row di kualifikasi kali ini mereka menggunakan strategi yang sama yakni 2 kali run saja, dengan menggunakan ban paling lunak – karena tim pabrikan maka ban yang paling lunak kali ini adalah medium.
JL QP SV 15
Senada dengan MM, catatan waktu JL di sektor 4 juga lebih buruk dari lap sebelumnya meskipun tidak sesignifikan MM, karena JL hanya lebih lambat 0,06 di sektor 4 dari catatan waktu terbaiknya.

DP QP SV 15

Kalau DP, ini yang agak unik, dia cetak fastest lap nya di lap kedua run pertama, berbeda dengan MM dan JL yang langsung ngacir pakai ban yang segar/ ban yang baru dipakai/ baru keluar dari pit. Pantes kan kalo MM dan JL suka ngacir berdua begitu lampu merah padam dan meninggalkan lainnya seperti pas Brno kemaren, soalnya mereka bisa langsung “in” pakai ban “dingin”.

Jadi sebenarnya seberapa cepat sih potensi masing2 pembalap? Bisa di simak di tabel berikut:
DP MM JL QP SV 15
Bisa dilihat best time masing2 pembalap dari kualifikasi kemarin jika digabungkan. Best time MM di sektor 1,2,3 di cetak di pole lap nya (lap 1, run 2), lalu best time di sektor 4 di cetak di lap pertama dan totalnya adalah 2 menit koma nol detik!!! JL best time di sektor 1,2,3 di raih di lap terakhir dan best time di sektor 4 ada di lap 1 dengan total 2 menit koma empat detikan. Sedangkan DP, best time nya ya di best lap nya, jadi sami mawon.

So, jika membandingkan best time ketiga pebalap tetap saja selisihnya cukup jauh sekitar 0,3 detik dari MM ke JL dan dari JL ke DP.

Terakhir, best time di sektor 1 jawaranya adalah JL dengan 23,642. Namun best time di sektor 2,3,4 di sapu bersih oleh MM dengan 38,717; 27,387; dan 30,299. dimana sektor 3 merupakan selisih waktu paling signifikan, dimana JL lebih lambat lebih dari MM 0,2 detik.
MM JL QP SV 15

Jika digabung best timenya, sektor 1 JL dengan sektor 2,3 dan 4 dari MM, laptime yang diraih adalah 2:00,045 dan semakin dekat ke waktu 1 menitan.

Dari kualifikasi sepertinya MM terlihat sangat digdaya, tapi bagaimana dengan race?

Kalo lihat dari hasil FP4 – dimana semua pebalap melakukan long run / race simulation – MM juga paling cepat. Kayaknya juara di sini deh MM.

Gak Percaya? next artikel dah, analisis FP4 Silverstone 2015.

Iklan

Tentang fandiartz

apa ya....
Pos ini dipublikasikan di Auto. Tandai permalink.

2 Balasan ke Analisa QP Frontrow Silverstone 2015, MM Hampir Tembus Waktu 1 Menitan

  1. djosave berkata:

    Yang menentukan tetep nanti yang masuk podium om bro.
    ada meme lucu soal otomotif nih. https://cikarang123.wordpress.com/2015/08/30/meme-keren-seputar-otomotif/

Giliranmu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s